Translate

Kamis, 03 Januari 2013

Samadhi

SAMADHI


Pengertian Samadhi


Kata Samadhi terdiri dari ‘sam + a + dha’ sam berarti bersama-sama, mengumpulkan, memusatkan. Samadhi adalah pikiran terpusat atau terarah pada suatu objek. Dalam kitab agama Buddha, definisi Samadhi adalah: “pikiran baik terpusat pada satu objek”. Dalam pengertian ini Samadhi dipandang sebagai hasil. Definisi Samadhi yang lebih terinci dalan kitab Buddhis, istilah baik lebih penting dari pada terpusat pada satu objek, karena jika buruk, meskipun terpusat pada satu objek, hasilnya adalah samadhi salah (micchasamadhi). Oleh sebab itu objek yang dipergunakan dalam latihan Samadhi harus sesuatu yang tidak menimbulkan pikiran buruk, melainkan yang menimbulkan pikiran baik. Samadhi sebagahi istilah teknis berarti Kesadaran (citta) dan unjsur rohani yang baik (kusala cetasika), terpusat dengan mapan terhadap satu objek. “terpusat dengan mapan” artinya pikiran terpusat pada satu objek, tidak terganggu oleh objek lainya, dan tidak dikuasai oleh nivaran atau kekotoran batin.

Beberapa jenis Samadhi diketahui hanya berdasarkan teoritis semata, atau melalui liku-liku bahasa. Olah sebab itu tidak perlu ditumpahkan secara rinci. Dari segi ini, Samadhi dapat digolongkan atas beberapa cara, anatara lain: Samadhi hanya satu macam apabila dipandang sebagai pemusatan pikiran pada satu objek, dua jenis apabila dipandang sebagai lokiya dan lokuttara, deua jenis bila dipandang sebagai upacara Samadhi (Samadhi permulaan) dan apanna Samadhi (Samadhi terpusat), tiga jenis Samadhi bila dipandang sebagai lemah, sedang, dan kuat.

Mengapa Bermeditasi ?
Dalam dunia ini, apakah yang dicari oleh kebanyakan orang dalam hidupnya? Sebenarnya, mereka ingin mencari ketenangan batin dan keselarasan hidup. Tidak sedikit di antara mereka berusaha mencarinya, walau mungkin mereka tidak mengetahui dengan jelas apa yang hendak dicarinya, atau mungkin cara mendapatkannya. Mereka sering merasa bingung, merasa banyak menjumpai kekacauan dan kekalutan batin. Mereka diserang oleh bermacam-macam perasaan yang tidak memuaskan atau yang kurang menyenangkan hatinya. Secara singkat mereka ini tidak mendapatkan ketenangan dan kesejahteraan dalam batinnya. Kebanyakan mereka ini kemudian menempuh cara yang salah untuk mendapatkan ketenangan batin dan keselarasan hidup ini. Mereka cenderung melihat dan mencari di luar dirinya sendiri. Akibatnya, dunia ini merupakan sumber semua kegelisahan. Mereka mencari penyelesaian persoalannya dalam keluarganya, di dalam pekerjaannya,atau di dalam pergaulan dan sebagainya. Mereka beranggapan kalau dapat mengubah keadaan sekelilingnya, mereka akan menjadi tenang dan bahagia.

Sekarang sudah banyak dijumpai orang yang telah menyadari kenyataan dan berpaling, yaitu menunjukkan perhatiannya kepada sumber yang sebenarnya dari kebahagiaan dan kegelisahan, ialah PIKIRANNYA SENDIRI. Menunjukkan perhatian ke dalam diri sendiri, dalam pikirannya sendiri, inilah yang dinamakan dengan meditasi. Dewasa ini meditasi telah banyak dipraktekkan oleh orang-orang dari berbagai bangsa dan agama. Mengapa demikian? Karena kerja pikiran itu tanpa memakai corak bangsa atau agama tertentu. Jadi tugas meditasi adalah untuk mengerti atau menghayati sifat pikiran di dalam kehidupan sehari-hari. Pikiran adalah kunci kebahagiaan, sebaliknya juga merupakan sumber penderitaan malapetaka. Untuk mengetahui dan mengerti perihal pikiran dan menggunakannya dengan seksama tidaklah hubungannya dengan agama. Jadi meditasi dapat dilaksanakan oleh setiap orang tanpa menghiraukan corak agamanya.

B.    Manfaat Samadhi

Oleh karena Samadhi beraneka macam, manfaat yang diberikanya juga beraneki ragam. Dalam kitab disebutkan sebagai berikut:

1.     Kebahagiaan kehidupan sekarang (Dithadammika Sukkha)

2.     Pandangan terang (Vipasana)

3.     Kemampuan luar biasa (Idhi Vidhi)

4.     Kelahiran dalam alam brahma (Brahma Dewa)

5.     Pencapaian Nibbana (Nirodha Sampatti)

6.     Bila Anda seorang pedagang yang selalu sibuk, meditasi menolong membebaskan diri Anda dari ketegangan sehingga Anda menjadi relaks.

7.     Kalau Anda sering berada dalam kebingungan, meditasi akan menolong menenangkan diri Anda dari kebingungan dan meditasi membantu Anda untuk mendapatkan ketenangan yang bersifat sementara maupun permanen.

8.     Bila Anda mempunyai banyak persoalan yang seolah-olah tidak putus-putusnya, meditasi dapat menolong Anda untuk menimbulkan ketabahan dan keberanian serta mengembangkan kekuatan untuk mengatasi persoalan tersebut.

9.     Bila Anda tergolong orang yang kurang mempunyai kepercayaan pada diri sendiri, meditasi dapat menolong Anda untuk mendapatkan kepercayaan terhadap diri sendiri yang sangat dibutuhkan. Memiliki kepercayaan terhadap diri sendiri adalah kunci rahasia kesuksesan Anda.

10.  Kalau Anda mempunyai rasa ketakutan dan keraguan, meditasi dapat menolong Anda untuk mendapatkan pengertian yang benar terhadap keadaan yang menyebabkan ketakutan itu, dengan demikian, Anda dapat mengatasi rasa takut tersebut.

Selain disebutkan di atas Latihan meditasi secara teratur tidak hanya akan mengatasi gangguan fisik dan psikis, melainkan juga membentuk karakter yang positif dan awet muda. Bagaimana bisa? Rahasia besar dalam jangka panjang tetapi tersembunyi adalah cara untuk mempertahankan tenaga remaja dan mendatangkan cahaya serta vitalitas baru terhadap tubuh, yaitu dengan meditasi. Meditasi membuat pikiran, jiwa, dan tingkah laku menjadi tenteram dan wajah bersinar ceria. Terutama adalah meremajakan pikiran untuk menjadikan kondisi badan terlihat lebih muda dari usianya. Orang-orang bijak mengatakan, “Barang siapa ingin panjang umurnya dan tetap awet muda harus mengambil keuntungan dari apa yang diberikan alam kepadanya.” Secara kronologis, pertambahan tahun (usia) kondisi tua alami akan menyertai kita. Namun, hal itu tidak terjadi dalam otak apabila tubuh Anda senantiasa dalam kondisi fit dan bugar. Sebab, kondisi tersebut akan menghidupkan kembali vitalitas kelenjar dan membantu Anda untuk tetap sehat lahir batin.

Kondisi tersebut perlu untuk mempertahankan kecantikan dan tenaga buat bekerja, maju, dan optimistis dalam hidup. Dan nasihat yang paling baik adalah melakukan meditasi. Sebab, meditasi sangat menguntungkan bagi kepribadian Anda untuk cantik di dalam dan juga di luar  Menjalankan tahap-tahap menuju sukses, perlu tubuh yang terkondisi dengan jantung yang kuat dan paru-paru terbuka lebar. Jantung memerlukan denyut ringan selama aktivitas normal. Paru-paru yang sehat memberi jumlah oksigen yang lebih besar kepada sel-sel darah. Untuk mencapai kesehatan tubuh semacam itu Kita perlu berlatih secara teratur.Pikiran dan hati yang telah terkondisi serta tubuh yang sehat dengan latihan-latihan meditasi akan membentuk karakter ke arah positif. Hasilnya menjadi kekuatan mental yang tangguh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar